Rabu, 29 April 2015

Mail Merge dan Cara Membuat Mail Marge

Diposting oleh Unknown di 08.20


MAIL MERGE

(Surat Berantai atau Terhubung)

            Sesuai dengan artinya Mail Marge adalah surat berantai atau terhubung. Yang memproduksi surat dalam jumlah yang banyak
Tujuan Mail Marge pastinya adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses kerja.

Syarat-syarat membuat Mail Marge :

  •   Harus ada file induk (file master)

  • Harus ada file data (data source/ database)

  • Proses untuk menhubungkan file induk dengan file data. (dengan cara melakukan penyisipan field)

Data paling besar di kmputer adalah:

  • Database
  • File data
  • Record
  • Field

File data dapat dari :
  • Ms.Word, Ms.Access bentuk filenya (MDB/ACCDB)
  • Ms. Exel bentuk filenya (XLS/XLSX)




LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MAIL MARGE


Cukup mudah ya teman-teman. Disini saya mengambil contoh pembuatan surat. Ikuti langkahnya dengan seksama!

      1. Buka aplikasi Microsoft word
      2. Tampak lembar kerja yang masih kosong


      3. Pilih menu mailings
      4. Aktifkan menu mailings


      5. Klik star mail marge
      6. (Untuk pemula) klik stap by step mail merge
            Sebab disitu akan menyediakan WIZARD (sesuatu yang secara otomatis di berikan oleh computer. Biasanya tinggal klik next.
      7. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini


      8. Ada 6 step yang akan dilewati
      9. Pilih jenis dokumen. Ada beberapa pilihan. (pemula) pilih LETTERS
   10.  Kemudian plih  next : starting document


   11.  Plih use the current document
   12.  Klik next: select recipients
   13.  Selanjutnya ketik dokumen  atau browse… untuk memilih letak file yang akan dijadikan file induk.
   14.  Atau dengan cara memilih type a new list . lihat pada gambar!


(Kemudian Selalu pilih bagian atas kolom sebelum klik next)
   15.  Kemudian klik CREATE atau bisa dengan memilih write your letter hingga nampak kotak dialog seperti pada gambar.


   16.  Akan terdapat banyak pilihan judul yang tertera pada kolom dalm dialog tersebut, Jika telah sesuai bisa langsung klik OK ! Namun, jika perlu merubah maka pilih Customize Colums, Lihat gambar !


   17.  Yang dibutuhkan tetap seperti semula dan yang tidak dibutuhkan bisa di delete
Klik yes !


   18.  Dan untuk menambahkan judul pada bagian kolom klik ADD


   19.  Setelah usai klik OK! Ini adalah bagian-bagian yang akan selalu berganti dari surat selain dari naskah asli.


   20.  Setelah itu, isilah tiap tiap kolom maupun baris sesuai dengan kebutuhan, Misal :


   21.  Kemudian klik OK! dan cari tempat ada menyimpan file kemudian pilih save


   22.  Kemudian secara otomatis akan muncul seperti pada gambar. Jika ingin ada data yang tidak dimunculkan maka hanya tinggal menghilangkan tanda centang.


   23.  Klik Ok maka surat akan nampak namun dalam kondisi masih sesuai bentuk induk saat prtama disimpan.
   24.  Kemudian klik Insert Merge Field


   25.  Akan muncul judl-judul dari kolom yang telah teman-teman buat sebelumnya 
   26.  Letakkan kursos pada bagian yang ingin diisi
   27.  Hanya tinggal meletakkan judul sesuai dengan posisi yang teman-teman inginkan



     28.  Untuk melihat hasil dari data yang telah teman –teman masukkan , silahkan klik Preview Results


29.  Jika ingin langsung di print. Maka klik Print…
30.  Atau hanya ingin disimpan bisa dengan CTRL+ S
31.  Langkah-langkah telah selesai dan surat siap di cetak

Selamat dan Semangat Belajar. Terimakasih :)

 

0 komentar on "Mail Merge dan Cara Membuat Mail Marge"

Posting Komentar

Rabu, 29 April 2015

Mail Merge dan Cara Membuat Mail Marge



MAIL MERGE

(Surat Berantai atau Terhubung)

            Sesuai dengan artinya Mail Marge adalah surat berantai atau terhubung. Yang memproduksi surat dalam jumlah yang banyak
Tujuan Mail Marge pastinya adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses kerja.

Syarat-syarat membuat Mail Marge :

  •   Harus ada file induk (file master)

  • Harus ada file data (data source/ database)

  • Proses untuk menhubungkan file induk dengan file data. (dengan cara melakukan penyisipan field)

Data paling besar di kmputer adalah:

  • Database
  • File data
  • Record
  • Field

File data dapat dari :
  • Ms.Word, Ms.Access bentuk filenya (MDB/ACCDB)
  • Ms. Exel bentuk filenya (XLS/XLSX)




LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT MAIL MARGE


Cukup mudah ya teman-teman. Disini saya mengambil contoh pembuatan surat. Ikuti langkahnya dengan seksama!

      1. Buka aplikasi Microsoft word
      2. Tampak lembar kerja yang masih kosong


      3. Pilih menu mailings
      4. Aktifkan menu mailings


      5. Klik star mail marge
      6. (Untuk pemula) klik stap by step mail merge
            Sebab disitu akan menyediakan WIZARD (sesuatu yang secara otomatis di berikan oleh computer. Biasanya tinggal klik next.
      7. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini


      8. Ada 6 step yang akan dilewati
      9. Pilih jenis dokumen. Ada beberapa pilihan. (pemula) pilih LETTERS
   10.  Kemudian plih  next : starting document


   11.  Plih use the current document
   12.  Klik next: select recipients
   13.  Selanjutnya ketik dokumen  atau browse… untuk memilih letak file yang akan dijadikan file induk.
   14.  Atau dengan cara memilih type a new list . lihat pada gambar!


(Kemudian Selalu pilih bagian atas kolom sebelum klik next)
   15.  Kemudian klik CREATE atau bisa dengan memilih write your letter hingga nampak kotak dialog seperti pada gambar.


   16.  Akan terdapat banyak pilihan judul yang tertera pada kolom dalm dialog tersebut, Jika telah sesuai bisa langsung klik OK ! Namun, jika perlu merubah maka pilih Customize Colums, Lihat gambar !


   17.  Yang dibutuhkan tetap seperti semula dan yang tidak dibutuhkan bisa di delete
Klik yes !


   18.  Dan untuk menambahkan judul pada bagian kolom klik ADD


   19.  Setelah usai klik OK! Ini adalah bagian-bagian yang akan selalu berganti dari surat selain dari naskah asli.


   20.  Setelah itu, isilah tiap tiap kolom maupun baris sesuai dengan kebutuhan, Misal :


   21.  Kemudian klik OK! dan cari tempat ada menyimpan file kemudian pilih save


   22.  Kemudian secara otomatis akan muncul seperti pada gambar. Jika ingin ada data yang tidak dimunculkan maka hanya tinggal menghilangkan tanda centang.


   23.  Klik Ok maka surat akan nampak namun dalam kondisi masih sesuai bentuk induk saat prtama disimpan.
   24.  Kemudian klik Insert Merge Field


   25.  Akan muncul judl-judul dari kolom yang telah teman-teman buat sebelumnya 
   26.  Letakkan kursos pada bagian yang ingin diisi
   27.  Hanya tinggal meletakkan judul sesuai dengan posisi yang teman-teman inginkan



     28.  Untuk melihat hasil dari data yang telah teman –teman masukkan , silahkan klik Preview Results


29.  Jika ingin langsung di print. Maka klik Print…
30.  Atau hanya ingin disimpan bisa dengan CTRL+ S
31.  Langkah-langkah telah selesai dan surat siap di cetak

Selamat dan Semangat Belajar. Terimakasih :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ririn Saputri Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Provided By Free Blogger Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates