Jumat, 05 Juni 2015

Tutorial Cara Membuat Database

Diposting oleh Unknown di 07.37
Hallo semua. OK sekarang Ririn ngepost tentang gimana caranya buat file database nih. Pake apa hayoo ?? Iya bener banget. Microsoft Office Access.
Fungsi salah satunya iyalah untuk bantu teman-teman sewaktu harus membuat sebuah file data yang baru. Database berfungsi untuk mengelompokkan data sehingga kita dapat lebih mudah memahaminya
Cemon... Ikuti langkahnya dengan seksama yaa


  1. Buka Aplikasi Microsoft Office Access
  2. Pilih Blank Database
  3. Maka pada bagian kolom di bawah silahkan ditulis nama atau judul Database yang akan teman-teman buat.
  4. Kemudian pilih tanda file di sebelah kolom kemudian akan muncul seperti ini
  5. Nah silahkan teman-teman memilih lokasi penyimpanan data. klik Ok
  6. Klik Create
  7. Muncul lembar kerja yang masih kosong
  8. Klik View dan pilih Design View
  9. Mengetik judul dari tiap kolom data yang teman-teman miliki untuk menjadi data induknya
  10. Jumlah karakter dari tulisan dan sebagainya bisa disesuaikan
  11. Setelah selasai, klik View dan pilih Datasheet View
  12. Akan muncul tabel dialog. Memastikan file ini yang akan  digunakan. Klik Ok
  13. Nah mulai ngetik panjang nih :D Lembar kerja siap diisi( sesuai data)
Untuk agar lebih mudah dan cepat saat pengetikan bisa dengan editan pada bagian Design View
  1. Misal pada bagian Alamat cukup panjang, bisa di permudah dengan cara klik tanda panah ke bawah pada kolom tersebut.Ikuti gambar !!
  2. Pilih tulisan paling bawah Lookup Wizard.
  3. Akan muncul colom dialog seperti ini
  4. Pilih yang bawah. I will type in the values that I want , sehingga nanti teman-teman bisa sesuaikan selera
  5. Pilih Next
  6. Tampak seperti pada gambar.
  7. Silahkan diisi sesuai kebutuhan ( alamat berdarakan yang paling banyak terlebih dahulu diletakkan paling atas agar pencarian nanti akan lebih  mudah
  8. Setelah selesai klik Next
  9. Bisa beri nama untuk data tersebut
  10. Klik Finish
Nah kali ini ditambahkan dengan Query nya. Maksudnya membuat data lain dari data yang telah teman-teman miliki sebelumnya.Ikuti lagi ya
  1. Setelah data usai seperti contoh pada gambar
  2. Pilih menu Create
  3. Pilih Query Design
  4. Add pada clom dialog yang muncul
  5. Nah kemudian akan muncul seperti berikut. Silahkan Drug file ke kolom yang telah tersedian di bagian bawah
  6. Jangan lupa aktifkan fungsi SUM atau jumlah untuk beberapa kolom yang diperlukan
  7. Mengisi data menggunakan fungsi If, Count, Max dsb (telah disediakan pada kolom)
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Selamat dan Semangat Belajar. Terimakasih :)

0 komentar on "Tutorial Cara Membuat Database"

Posting Komentar

Jumat, 05 Juni 2015

Tutorial Cara Membuat Database

Hallo semua. OK sekarang Ririn ngepost tentang gimana caranya buat file database nih. Pake apa hayoo ?? Iya bener banget. Microsoft Office Access.
Fungsi salah satunya iyalah untuk bantu teman-teman sewaktu harus membuat sebuah file data yang baru. Database berfungsi untuk mengelompokkan data sehingga kita dapat lebih mudah memahaminya
Cemon... Ikuti langkahnya dengan seksama yaa


  1. Buka Aplikasi Microsoft Office Access
  2. Pilih Blank Database
  3. Maka pada bagian kolom di bawah silahkan ditulis nama atau judul Database yang akan teman-teman buat.
  4. Kemudian pilih tanda file di sebelah kolom kemudian akan muncul seperti ini
  5. Nah silahkan teman-teman memilih lokasi penyimpanan data. klik Ok
  6. Klik Create
  7. Muncul lembar kerja yang masih kosong
  8. Klik View dan pilih Design View
  9. Mengetik judul dari tiap kolom data yang teman-teman miliki untuk menjadi data induknya
  10. Jumlah karakter dari tulisan dan sebagainya bisa disesuaikan
  11. Setelah selasai, klik View dan pilih Datasheet View
  12. Akan muncul tabel dialog. Memastikan file ini yang akan  digunakan. Klik Ok
  13. Nah mulai ngetik panjang nih :D Lembar kerja siap diisi( sesuai data)
Untuk agar lebih mudah dan cepat saat pengetikan bisa dengan editan pada bagian Design View
  1. Misal pada bagian Alamat cukup panjang, bisa di permudah dengan cara klik tanda panah ke bawah pada kolom tersebut.Ikuti gambar !!
  2. Pilih tulisan paling bawah Lookup Wizard.
  3. Akan muncul colom dialog seperti ini
  4. Pilih yang bawah. I will type in the values that I want , sehingga nanti teman-teman bisa sesuaikan selera
  5. Pilih Next
  6. Tampak seperti pada gambar.
  7. Silahkan diisi sesuai kebutuhan ( alamat berdarakan yang paling banyak terlebih dahulu diletakkan paling atas agar pencarian nanti akan lebih  mudah
  8. Setelah selesai klik Next
  9. Bisa beri nama untuk data tersebut
  10. Klik Finish
Nah kali ini ditambahkan dengan Query nya. Maksudnya membuat data lain dari data yang telah teman-teman miliki sebelumnya.Ikuti lagi ya
  1. Setelah data usai seperti contoh pada gambar
  2. Pilih menu Create
  3. Pilih Query Design
  4. Add pada clom dialog yang muncul
  5. Nah kemudian akan muncul seperti berikut. Silahkan Drug file ke kolom yang telah tersedian di bagian bawah
  6. Jangan lupa aktifkan fungsi SUM atau jumlah untuk beberapa kolom yang diperlukan
  7. Mengisi data menggunakan fungsi If, Count, Max dsb (telah disediakan pada kolom)
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Selamat dan Semangat Belajar. Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Ririn Saputri Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Provided By Free Blogger Templates | Freethemes4all.com

Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates